GEMA FAJAR GUNAWAN

Time

Sabtu, 16 Juni 2012

Ampas Tahu


PEMANFAATAN AMPAS TAHU UNTUK PAKAN TERNAK
            Kebutuhan manusia akan protein nabati mendorong pengusaha pabrik diantaranya pabrik tahu meningkatkan produksinya. Hal tersebut dikarenakan tahu adalah makanan yang banyak mengandung protein nabati yang banyak diminati konsumen. Efek lain dari peningkatkan produksi tahu adalah surplus ampas tahu atau sisa-sisa hasil dari pembuatan tahu yang banyak mengandung protein  untuk pakan ternak. Peternak mengalami keuntungan yang lebih karena dengan sedikit pengeluaran tambahan buat membeli ampas tahu tetapi hasil yang di dapat akan lebih banyak. Waktu perawatan atau pertumbuhan lebih cepat karena asupan protein bagi ternak lebih tinggi.
            Ampas tahu dapat dijadikan pakan bagi berbagai jenis ternak diantaranya :
  1. Pakan Ternak Sapi
Pemanfaatan ampas tahu pada sapi potong pertambahan berat badan akan lebih cepat. Selain pertumbuhan lebih cepat karkasnya bisa mencapai 60% dari berat sapi hidup. Biasanya pemberiannya dicampur dengan bekatul diberi air dan lebih baik lagi jika dicampur dengan ketela yang telah dicacah maka pertambahan atau pertumbuhan akan lebih optimal.
  1. Pakan Ternak Kambing
Pemanfaatan ampas tahu sangat efektif apalagi pada kambing pertambahan berat badan akan lebih cepat dan juga rambut pada kambing lebih mengkilat dan halus. Pertumbuhan postur badan juga lebih cepat. Dengan asupan gizi dari ampas tahu maka produksi daging ataupun susu kambing akan mengalami peningkatan.
  1. Pakan Ternak Bebek
Pada bebek pemberian ampas dapat diberikan sebagai pengganti konsentrat, selain harga murah ampas tahu juga mempercepat pertumbuhan bebek-bebek yang kemudian juga menghasilkan daging dan telur. Dengan demikian biaya produksi telur bebek lebih ringan.
  1. Pakan Ternak Kelinci
Kelinci yang diberi pakan ampas juga mempunyai berat dan ukuran yang cukup optimum. Apalagi buat kelinci pedaging, daging yang dihasilkan lebih banyak, juga bulu menjadi lebih mengkilap dan perawatan pakan lebih praktis. Juga tidak ada efek samping dari penggunaan ampas tahu.
Barang limbah tidak selamanya merugikan atau tidak berguna. Hanya saja bagaimana kita mensiasati limbah tadi menjadi sesuatu yang berguna. Oleh karena itu sebenarnya limbah limbah atau sisa-sisa hasil produksi yang dinilai kurang memiliki nilai ekonomis dengan sedikit pemikiran maka akan berubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis seperti halnya ampas tahu, dahulu dipandang sebelah mata tetapi sekarang punya nilai jual. Hal ini menguntungkan bagi semua pihak, bagi pemilik pabrik tahu mendapat uang tambahan dari sisa produksi tahu (ampas tahu) yang dulunya dibuang, dan bagi peternak beruntung karena mendapat pakan ternak murah dengan kandungan protein tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Animasi